Manajemen
pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu proses manajerial yang
membuat individu yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
mempertukarkan produk yang bernilai
kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau
jasa mulai dari perusahaan sampai konsumen. Manajemen pemasaran juga dapat
didefenisikan sebagai suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta
mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar
tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Di dalam fungsi
manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan
untuk mengetahui pasar dan lingkungan
pemasarannya, sehingga dapat diperoleh beberapa besar peluang untuk merebut
pasar dan seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar yang
harus dihadapi.
Peranan Manajemen Pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan
produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa
tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba.
Sasaran dari pemasaran yaitu menarik pelanggan dengan menjanjikan nilai
superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah,
mempromosikan secara efektif serta memperthankan pelanggan yang sudah ada
dengan tetap memegan prinsip kepuasan pelanggan.
Daftar Pustaka
Kotler Philip 2014 Manajemen Pemasaran
RajaGrafindo (Rajawali Perss)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar