Bisnis
Internasional
Dalam
membahas tentang pengertian bisnis internasional akan dibagi kepada dua bagian.
Pertama tentang bagaimana bisnis itu sendiri dan kedua tentang bisnis
internasional dalam pengertian menurut para ahli. Kata bisnis merupakan kata yang
berasal dari bahasa inggris yaitu "Business", dengan kata dasar "busy" atau sibuk,
yang bermaksud sibuk dalam mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan demi
suatu keuntungan secara materi. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan
mengenai pengertian bisnis secara umum yaitu suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada komsumen dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau
keuntungan. Sedangkan pengertian bisnis menurut para ahli terbagi kepada
beberapa pendapat, seperti berikut ini.
Huat (2008) T Chwee (2008) Mengatakan
bisnis dalam arti luas yaitu suatu istilah umum yang menggambarkan semua
aktifitas dan institusi yang memproduksi barang atau jasa dalam kehidupan
sehari-hari. Bisnis berperan sebagai suatu sistem yang memproduksi barang atau
jasa demi memuaskan kebutuhan masyarakat. Tujuan dari semua itu yaitu
mendapatkan keuntungan dari upaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan bagi orang
yang mengusahakan dalam mengusahakan uang dan waktu dengan menjalankan kegiatan
bisnis disebut entrepreneur.
Glos
dkk (2008) Mengatakan Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan
untuk menciptakan, dengan cara mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi
barang atau jasa yang diinginkan konsumen. Musselman (2008) Jackson (2008)
mengatakan Bisnis merupakan suatu aktifitas yang memenuhi kebutuhan dan
ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam
aktifitas tersebut. Dengan beberapa
pengertian di atas mengenai bisnis dapat dikatakan dengan pengertian bisnis
internasional yaitu suatu kegiatan bisnis yang dilakukan antara negara yang
satu dengan negara yang lain. Transaksi dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan
dapat melibatkan beberapa perusahaan atau kelompok perusahaan, bahkan sampai
kepada lembaga-lembaga pemerintah.
Daftar Pustaka
Hell Charles. W.t., Udayasankar
Khrisna., Wee Chou-How. 2006. Edisi 2
“Bisnis Internasional” Salemba Empat, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar