Laporan
Keuangan
Laporan keuangan merupakan suatu informasi mengenai keuangan
perusahaan dalam suatu periode tertentu yang digunakan untuk menggambarkan
kinera suatu perusahaan.Umumnya laporan keuangan dikelompokkan menjadi 4 bagian
yakni Laporan rugi/lugi (R/L), Neraca, Arus kas dan laporan perubahan perubahan
modal. Untuk Menyusun suatu laporan keuangan hendaknya kita harus mengerti step
by step misalkan dalam meng neraca, terlebih dahulu kita harus
mengetahui dalam neraca terdari dari beberapa pos dan informasi yang dibutuhkan
untuk mengisi pos tersebut kita juga harus ketehui.
Laba rugi/income statement
Laporan keuagan rugi laba/income statement terdiri dari
pendapatan – beban- = laba bersih sebelum pajak -pajak penghasilan = laba
bersih atau net income
Neraca
Pengertian nerca/balance sheet ialah salah satu laporan keuangan entitas yang terdiri dari kolom
perkiraan aktiva dan passiva. Pada kolom aktiva terdiri dari pos Aktiva
lancar maupun aktiva tetap sedangkan untuk kolom passiva diisi dengan pos Kewajiban
(Hutang) dan Modal. Bila dirumuskan seperti beikut
Aktiva (Lancar+tetap) = kewajiban/hutang (lancar+tetap) +modal/Equity
Arus Kas/cash flow
Pengertian arus ialah kas semua yang menyangkut aliran kas baik dari pengeluaran dan pemasukan kas perusahaan dalam satu periode tertentu.
Laporan perubahan modal
Pengertian laporan perubahan modal ialah sautu laporan keuangan
penyebab terjadinya perubahan modal suatu perusahaan dalam satu periode
tertentu.
Hal hal yang mempengaruhi laporan perubahan modal yaitu sebagai
berikut:
Keuntungan yang tidak dibagikan/laba ditahan awal tahun, laba bersih dalam dalam satu periode tertentu, dan deviden yang dibagikan yang tidak dibagikan diakhir tahun.
Daftar Pustaka
Kasmir (2008:7) Buku Praktis Dasar2
Akuntansi Indah Rahmawaty
Laskar Aksara Desember - 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar